Jumat, 19 Juni 2015

Penyebab Kenapa Anda Susah Buang Air Besar dan cara mengatasinya

Delapan Penyebab Kenapa Anda Susah Buang Air Besar
Sembelit adalah gangguan kesehatan yang umum terjadi. Kondisi ini telah memengaruhi sekitar 80 persen orang di beberapa tempat, menurut American Society of Colon and Rectal Surgeons. (Getty Images/ Thinkstock/gpointstudio)

Jika pernah merasa susah buang air besar, jangan khawatir Anda tidak sendirian. Sembelit adalah gangguan kesehatan yang umum terjadi. Kondisi ini telah memengaruhi sekitar 80 persen orang di beberapa tempat, menurut American Society of Colon and Rectal Surgeons. 


Bertanya-tanya kenapa buang air besar lebih sulit daripada biasanya? Berikut beberapa penyebab umum, serta cara mengatasinya.



Sedang berwisata 



Saat pergi ke suatu tempat, perubahan pola diet dapat mendatangkan malapetaka pada sistem pencernaan Anda. 



“Saat pergi berlibur memakan makanan yang Anda tidak terbiasa dapat menyebabkan perubahan kebiasaan buang air besar,” kata Jordan Karlitz, seorang ahli pencernaan dan anggota American College of Gastroenterology.   



Pastikan Anda mendapatkan asupan serat cukup, 25 gram per hari untuk perempuan dewasa, menurut pedoman diet dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat. 



Stres



“Berdasarkan pengalaman saya, pasien dapat memiliki kebiasaan buang air besar tidak teratur karena stres,” kata Karlitz. 



Hal tersebut disebabkan oleh sistem saraf enterik, pemain penting dalam kesehatan sistem pencernaan. Stres atau kurang tidur, atau keduanya, dapat memengaruhi sistem saraf enterik, dan interaksi yang menyebabkan kesulitan buang air besar. 


Latihan terlalu berat



“Saya melihat banyak pasien yang melakukan olahraga dengan jadwal konsisten mengalami sembelit saat berhenti latihan,” kata Karlitz. “Mengubah apa yang membuat tubuh terbiasa dapat memengaruhi berbagai sistem dalam tubuh. Termasuk mengubah pemprosesan makanan di usus.” 



Kehamilan 



Banyak perempuan mengalami sembelit pada awal kehamilan. “Ada begitu banyak perubahan hormon dan diet, ditambah efek stres pada sistem enterik dapat ikut bermain,” kata Karlitz. 



Jika seorang perempuan hamil dan merasa ada hambatan saat buang air besar, lacak apa penyebabnya! Apakah es krim atau makanan berminyak? Menghindari makanan penyebab sembelit akan membuat perempuan merasa tetap nyaman selama kehamilan. 



Pengobatan nyeri



Jika baru melakukan operasi pembedahan atau mengonsumsi obat nyeri jangka panjang, mungkin itu penyebab sembelit. “Obat penghilang rasa sakit seperti opioid merupakan penyebab sembelit yang sangat umum,” kata Karlitz. 



Dehidrasi



Air sangat penting untuk mencapai kesehatan optimal. Bagian terpentingnya adalah, ini bukan sekadar masalah hidrasi sederhana, tetapi hubungannya dengan serat. 



“Serat cenderung memiliki jumlah air yang sangat banyak. Jika Anda mendapatkan cukup serat dalam diet, tapi tidak cukup air, hal itu dapat memengaruhi serat saat melewati sistem pencernaan sehingga menyebabkan sembelit. Jadi minumlah!” kata Karlitz berpesan. 



Masalah tiroid 



“Jika berbagai penyebab sembelit sudah dikesampingkan, seorang internis dapat memeriksa apakah fungsi tiroid Anda normal. Kadang, hipotiroidisme adalah penyebabnya,” ucap Karlitz. 



Hipotiroidisme adalah kondisi yang disebabkan oleh kurang aktifnya kelenjar tiroid, seringkali dapat menyebabkan sembelit. 



Tiroid yang bekerja dengan baik akan melepaskan hormon yang berfungsi bagi proses tubuh, termasuk pencernaan. Tanpa hormon-hormon penting tersebut, usus dapat melemah dan menjadi lambat. 



Kondisi kronis



Jika sembelit terjadi terus-menerus disertai rasa sakit dari kepala sampai ke pencernaan. Dokter mungkin mendiagnosis gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus atau irritable bowel syndrome (IBS). 



“IBS adalah gangguan yang sangat umum, dapat berupa diare dominan atau sembelit dominan yang menyebabkan periode kronis di mana seseorang tidak buang air besar dengan normal,” kata Karlitz. 



Untungnya, mengobati sembelit cukup sederhana. Yakni dengan mengonsumsi makanan sehat, minum cukup air, dan mendapat 25 gram serat setiap hari dari berbagai sumber pangan. 



Serat dapat muncul dalam dua bentuk, serat larut yang dapat larut dalam air, seperti gandum, apel, dan kacang-kacangan. Serta serat tidak larut, seperti gandum, brokoli, dan sayur-sayuran berdaun gelap. Sebagian besar orang membutuhkan campuran keduanya untuk menjaga buang air besar lancar. 


Cara mengatasi Susah Buang Air Besar

Mengkonsumsi pro cleansing tea dan Koloklin capsule (dapat dikombinasikan/ digunakan secara bersamaan)
Pro Cleansing Tea
Komposisi : Semen Cassiae, Mulberry, Hawthorn, Green Tea.
Isi : 16 sachet x 4 gram

Khasiat :
1. Melembabkan dinding usus dan melunakkan endapan kotoran.
2. Mengembalikan kinerja kontraksi usus dan membersihkan bagian garis-garis usus.
3. Melengkapi nutrisi tubuh dan menjaga kesehatan.
4. Memperbaiki selaput usus yang rusak.
Kelompok Pemakai :
1. Orang yang susah BAB.
2. Wanita yang banyak jerawat, flek, kulit kering kekuningan.


Koloklin capsule

Komposisi : Ekstrak Lotus Leaf, Polygonum Multiflorum, Semen Cassiae, Aloe.
Isi : 60 kapsul x 500 mg

Khasiat :
1. Mempercepat kontraksi dinding usus, membersihkan kotoran dan endapan dalam usus besar, membantu pembuangan toksin dari dalam tubuh.
2. Memperlicin usus dan memperlancar pembuangan.
3. Vitamin dan protein nabati yang dikandungnya bisa memenuhi nutrisi tubuh.
4. Mencegah dan membantu memperbaiki gejala radang dalam usus.
5. Memperbaiki selaput usus yang rusak.
Kelompok Pemakai :
1. BAB normal disarankan mengkonsumsi produk ini secara berselang.
2. Orang yang BAB tidak lancar.
3. Orang yang ingin diet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar